fbpx

Skema Penelitian Dosen Pemula (PDP) dan Tahap-Tahapannya

Skema Penelitian Dosen Pemula (PDP)

Skema penelitian dosen pemula (PDP) menjadi hal penting untuk dipahami, bagi para dosen yang akan melaksanakan penelitian tersebut. Penelitian dosen pemula diketahui menjadi salah satu dari rangkaian program penelitian yang disediakan dananya oleh pemerintah. 

Program penelitian kemudian dibagi-bagi menjadi beberapa kategori dan tentunya ditujukan untuk dosen dan mahasiswa. Bagi dosen pemula, maka bisa memanfaatkan program penelitian dasar dan bisa juga program penelitian dosen pemula. 

Bagi dosen pemula atau dosen muda, beberapa mungkin masih asing dengan istilah penelitian dosen pemula. Supaya bisa mengetahui apa itu penelitian dosen pemula dan bagaimana ikut serta dalam program penelitian dosen pemula dari pemerintah. Maka bisa menyimak penjelasan berikut ini. 

Pengertian Penelitian Dosen Pemula (PDP) 

Jika membahas penelitian dosen pemula yang diselenggarakan oleh pemerintah maka akan membahas juga mengenai skema penelitian dosen pemula (PDP) tersebut. Namun, sebelum sampai ke pembahasan ini ada baiknya memahami dulu pengertiannya. 

Secara umum, penelitian dosen pemula adalah kegiatan penelitian dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti pemula untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional.

Penelitian dosen pemula mencakup semua rumpun ilmu di pendidikan tinggi Indonesia. Sehingga para dosen muda yang menekuni bidang ilmu apapun bisa berpartisipasi dalam program penelitian ini. Tentunya dengan memenuhi kualifikasi atau persyaratannya terlebih dahulu. 

Sesuai dengan namanya, program penelitian ini sangat cocok dimanfaatkan oleh para dosen muda yang sebelumnya belum pernah melakukan penelitian. Sehingga bisa belajar bagaimana melakukan penelitian sesuai ketentuan di pendidikan tinggi. 

Selain itu, penelitian dosen pemula juga membantu para dosen muda untuk belajar bagaimana menyusun laporan hasil penelitian dan mempublikasikannya. Sebab salah satu luaran atau output yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah hasil publikasi. 

Program penelitian dosen pemula sudah ada sejak lama dan setiap tahunnya akan digelar di seluruh perguruan tinggi terpilih di tanah air. Maka untuk para dosen yang tahun ini ingin ikut serta sebaiknya mempelajari skema penelitian dosen pemula (PDP) seperti apa. 

Baca Juga:

Tujuan Penelitian Dosen Pemula 

Program penelitian dosen pemula yang diadakan di seluruh rumpun ilmu yang juga ditujukan untuk dosen muda, memiliki beberapa tujuan. Diantaranya adalah: 

1. Membina dan Meningkatkan Kemampuan Meneliti 

Tujuan dari penelitian dosen pemula memang sangat beragam dan salah satunya adalah untuk membina dan meningkatkan kemampuan meneliti. Maka sesuai namanya, program ini ditujukan untuk dosen muda yang masih minim pengalaman meneliti. 

Lewat program ini diharapkan para dosen muda bisa mendapatkan wadah untuk melatih keterampilan dalam melakukan penelitian. Sebab kegiatan penelitian memiliki sejumlah tahapan, apalagi jika melibatkan nama institusi pendidikan tinggi. 

Maka sifatnya menjadi resmi dan kemudian melibatkan banyak pihak. Mulai dari dosen, mahasiswa, mitra, bahkan lembaga pemerintahan tertentu yang memang mendukung kegiatan penelitian tersebut. 

2. Sarana Latihan Publikasi Hasil Penelitian 

Kegiatan penelitian tidak hanya berisi kegiatan mencari masalah, diteliti, dan kemudian dicari solusinya. Melainkan juga ada tahap dimana peneliti perlu menyusun laporan hasil penelitian kemudian mempublikasikannya. 

Menyusun laporan hasil penelitian tentu terbilang masih mudah karena biasanya sudah ada struktur penyusunan yang tinggal diikuti. Kemudian menyampaikan hasil penelitian yang didapatkan secara langsung. Namun, bagaimana dengan publikasi? 

Proses publikasi mungkin akan menjadi mudah jika standarnya hanya mempublikasikan. Namun, peneliti di Indonesia diwajibkan untuk bisa mempublikasikan dalam bentuk jurnal nasional dan internasional. 

Memahami apa saja yang perlu dilakukan agar artikel ilmiah hasil penelitian bisa masuk jurnal terakreditasi dan bereputasi. Maka bisa mengikuti program dan skema penelitian dosen pemula (PDP). Sebab salah satu tujuannya adalah menjadi sarana latihan melakukan publikasi hasil penelitian dosen. 

3. Menginisiasi Peta Penelitian 

Tujuan berikutnya dari program penelitian dosen pemula adalah untuk menginisiasi peta penelitian. Sehingga para dosen muda bisa menyusun peta penelitiannya sendiri dengan baik. 

Sebab dari satu topik penelitian kedepannya bisa berkembang, yakni menjadi penelitian terapan dan penelitian pengembangan. Sehingga dosen perlu menyusun peta penelitian dengan baik agar kedepannya mudah untuk dikembangkan. 

Baca Juga:

Persyaratan Umum 

Bagi para dosen muda yang ingin mengikuti program penelitian dosen pemula, maka bisa mencoba memenuhi dulu persyaratan umumnya. Diantaranya adalah: 

  1. Pengusul adalah dosen tetap dengan pendidikan S2, telah memiliki NIDN dan ber-SINTA, memiliki jabatan akademik Lektor, Asisten Ahli, Tenaga Pengajar (TP).
  2. Apabila dosen/pengusul jabatan akademiknya Lektor maka dosen/pengusul tersebut harus sebagai Ketua Pengusul.
  3. Dosen/Pengusul dengan jabatan Lektor tidak boleh sebagai anggota peneliti.
  4. Dosen/Pengusul sedang tidak terkena sanksi akademik dari fakultas/pasca/unit.
  5. Tim peneliti berjumlah minimal 2 orang, maksimal 3 orang.
  6. Melibatkan mahasiswa dalam penelitian.
  7. Dalam semester yang sama, tim peneliti hanya boleh mengusulkan satu proposal penelitian, (satu sebagai ketua atau satu sebagai anggota).
  8. Usulan penelitian harus relevan dengan bidang ilmu yang ditekuni.
  9. Jangka waktu penelitian adalah maksimal 6 bulan.

Mengenai persyaratan, bisa jadi akan mengalami perubahan mengikuti kebijakan baru dari Kemendikbud Ristek. Informasi detail mengenai kegiatan penelitian dosen bisa dicek di laman Simlitabmas. 

Sebab saat ini prosedur pengajuan proposal dan sebagainya sudah dilakukan secara online di laman tersebut, jika mengikuti program dana hibah penelitian dari pemerintah. Jika mengikuti penelitian dari kampus dan mitra, maka persyaratan dan skemanya bisa berbeda lagi. 

Skema Penelitian Dosen Pemula 

Adapun skema penelitian dosen pemula (PDP) adalah sebagai berikut yang mencakup 3 tahapan: 

1. Tahap Perencanaan 

Merupakan tahap awal dimana dosen muda perlu menyusun rencana kegiatan penelitian yang akan dilakukan. Mencakup penentuan topik, penentuan lokasi penelitian, dan juga proses penyusunan proposal penelitian. 

Pada program penelitian dosen pemula, proposal penelitian disusun secara online melalui laman Simlitabmas. Pastikan sudah mendapatkan akses masuk ke akun dari pihak pengelola kampus. Baru kemudian menyusun proposal sesuai ketentuan. 

Proposal ini mencakup seluruh rencana penelitian sampai rencana anggaran atau RAB penelitian. Sehingga ada proses mengunggah sejumlah dokumen sebelum proposal dikirimkan. 

2. Tahap Pelaksanaan 

Jika proposal penelitian dosen pemula di Simlitabmas statusnya sudah diterima atau dinyatakan lolos. Maka akan masuk ke tahap pelaksanaan menggunakan dan yang disediakan pemerintah. 

3. Tahap Penulisan Laporan 

Usai kegiatan penelitian dilakukan maka tahap akhir dalam seluruh skema penelitian dosen pemula (PDP) adalah menyusun laporan hasil penelitian. Laporan ini kemudian disusun dalam bentuk artikel dan dipublikasikan dalam jurnal nasional, jurnal internasional, maupun dipresentasikan dalam prosiding seminar internasional. 

Program penelitian dosen pemula dari pemerintah tentunya perlu dimanfaatkan dengan baik oleh para dosen muda. Supaya bisa melaksanakan penelitian dengan lebih mudah karena disediakan dana yang memadai sesuai rencana. 

Sekaligus bisa belajar dengan baik mengenai proses penelitian dan publikasi hasil penelitian tersebut. Sebab keduanya menjadi tujuan utama dari rilisnya skema penelitian dosen pemula (PDP). 

Artikel Terkait:

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja