fbpx

Sekilas Tentang Website Silemkerma, Mari Kenali Fungsi Website Ini

website silemkerma
University of Iowa

Baru saja Dunia Dosen Indonesia mengamati secara sekilas apa saja fitur dan layanan yang ada di website Silemkerma (silemkerma.risetdikti.go.id).

Website Silemkerma merupakan sistem layanan Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi, berfungsi sebagai pusat informasi, komunikasi, dan proses pengusulan yang berkaitan dengan Proses pengusulan pendirian perguruan tinggi dan pembukaan prodi baru semakin dipermudah oleh pemerintah, dalam hal ini Kemenristek Dikti. Hal itu karena adanya sistem layanan online bernama Sistem Informasi Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi atau bisa disingkat Silemkerma ini.

Sistem layan online ini dikelola oleh Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi. Fungsinya adalah sebagai pusat informasi, komunikasi, dan proses pengusulan yang berkaitan dengan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi dan Pembukaan Program studi Perguruan Tinggi.

Sistem pelayanan ini menawarkan tiga kategori pelayanan, di antaranya Layanan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi, Layanan Pembukaan Program Studi, dan Layanan Alih Kelola.

Baca juga : 6 Poin Penting Pada Menu Website Silemkerma

1. Layanan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi

Layanan ini dibagi lagi menjadi tiga, yaitu Perubahan PTS, Perubahan Bentuk PTS, dan Alih Kelola PTS. Proses tersebut dapat dilakukan dengan mengirimkan dokumen usulan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi secara online di website ini.

2. Layanan Pembukaan Program Studi

Proses Penambahan Prodi Program Diploma, Sarjana, dan Magister dipisahkan antara untuk Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta.

3. Layanan Alih Kelola

Layanan ini masih berada dalam satu link kategori dari Layanan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi. Alih kelola ini berlaku untuk Perguruan Tinggi Swasta yang hendak melakukan proses alih kelola.

Untuk mengirimkan usulan, harus ada pengusul yang mendaftar sebagai akun pengusul web ini. Untuk mengisi ini, pengusul harus dari pihak perguruan tinggi atau prodi terkait karena harus menyertakan surat permohonan resmi untuk memiliki akun di Silemkerma ini.

Untuk mendaftar, pendaftar bisa klik “Daftar Akun Pengusul” pada kotak Login, kemudian harus mengisi alamat email resmi institusi, password, kode perguruan tinggi yang sudah terdaftar di PDDIKTI, dan menggunggah file Surat Permohonan Akun Resmi dari Rektor/ Direktur/ Ketua Perguruan Tinggi dalam format PDF. Kemudian isi kode keamanan yang tersedia, memberi bukti persetujuan dengan isi centang, lalu klik Daftar.

Selain memberikan layanan secara online, sistem layana online ini juga memberikan berita atau pengumuman bagaimana proses pendirian perguruan tinggi atau pembukaan prodi baru dari beberapa perguruan tinggi. Pengumuman tersebut di ataranya terkait dengan Evaluasi dan Verifikasi Dokumen Usulan Pembukaan Program Studi, Pengusulan Alih Kelola, dan sebagainya.

Fitur-fitur lain yang bisa dijumpai di website Silemkerma ini antara lain. Agenda, ketentuan sebagai pemilik akun, panduan usulan, dan FAQ.

Meski dikabarkan bahwa Kemenristek Dikti akan memberlakukan moratorium pendirian perguruan tinggi dan pembukaan prodi baru per Januari 2017, tak ada salahnya jika Dunia Dosen mengenalkan kepada Anda secara sekilas apa itu website Silemkerma dan apa fungsinya.

Baca juga : Manfaat Website PDDIKTI Untuk Masyarakat Secara Luas
Baca juga : Kemenristekdikti Berikan Penghargaan Terbaik 1 Untuk Website UGM

Manfaat Lebih dari Silemkerma 

Silemkerma yang berfungsi sebagai pusat informasi, komunikasi, dan juga proses pengusulan terkait perguruan tinggi baru. Menjadi angin segar bagi siapa saja yang terjun di dunia pendidikan, baik sebagai pengelola maupun pemilik sebuah perguruan tinggi. 

Kehadirannya sendiri dipastikan akan memberikan manfaat menarik bagi siapa saja yang berkecimpung di dunia pendidikan. Manfaat tersebut meliputi: 

Kemudahan untuk Mengurus Perizinan Kampus 

Hadirnya website Silemkerma perlu diakui membawa kemudahan bagi siapa saja untuk mengurus berbagai perizinan terkait kampus yang dikelola atau dimiliki. Sebab di website ini sudah tersedia layanan online untuk mengajukan pendirian kampus baru. 

Tidak hanya itu, tersedia pula layanan lain seperti pembukaan jurusan atau program studi baru. Sistem yang sudah online tentu saja memberi kemudahan maksimal, sebab bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. 

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, maka interaksi tatap muka langsung perlu diminimalkan. Pihak pengelola kampus bisa mengurus beberapa keperluan secara online di Silemkerma tersebut. 

Cukup menyediakan persyaratan yang diminta dalam bentuk digital, baik itu dalam format PDF maupun format lain sesuai ketentuan. Setelah dirasa lengkap, maka tinggal di upload di akun yang sudah didaftarkan di Silemkerma tersebut. 

Selain aman dan praktis, pengajuan permohonan di Silemkerma juga lebih hemat. Sebab tidak perlu datang langsung ke kantor kopertis, dan tentunya tidak perlu mencetak dokumen persyaratan. 

Memberi Kemudahan Mengikuti Progres Pengajuan 

Bersama layanan yang disediakan oleh website Silemkerma, Anda juga bisa dengan mudah mengakses progres perkembangan perizinan yang diajukan. Misalnya mengajukan permohonan untuk pembukaan program studi baru. 

Maka ketika semua dokumen persyaratan sudah dikirimkan lewat akun yang dibuat di dalam Silemkerma. Langkah selanjutnya adalah melakukan login secara berkala untuk mengetahui perkembangan pengajuan tersebut. 

Sehingga tidak perlu lagi menunggu adanya kiriman dokumen melalui pos maupun telepon dari pihak Kemendikbud. Anda bisa mengakses progresnya secara langsung di website Silemkerma. 

Tentu saja bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, selama terhubung dengan internet. Layanan Silemkerma ini kemudian memberi kepraktisan untuk Anda bisa mengurus banyak hal sekaligus, sehingga sangat tepat untuk dimanfaatkan. 

Memahami Seluk Beluk Semua Layanan di Silemkerma 

Jika mampir ke website Silemkerma, maka akan menjumpai beberapa fitur tambahan. Salah satunya adalah fitur FAQ seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Fitur ini tentu bukan tanpa manfaat, sebab bisa membantu Anda dan siapa saja untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai tata cara pengajuan secara online. Lewat fitur ini Anda bisa mencari informasi dengan mudah dan cepat. 

Sehingga membantu meminimalkan kesalahan pada saat mengajukan permohonan pembukaan kampus baru maupun program studi baru secara online. Sebab bisa mengikuti panduan yang dicantumkan di dalam fitur FAQ tersebut. 

Ada baiknya ketika mengakses website Silemkerma dengan tujuan apapun, sebaiknya mengakses fitur FAQ ini. Sehingga menjadi sumber panduan terlengkap untuk mempermudah pengajuan online. 

Apabila menghadapi kendala, dan informasi di dalam FAQ belum membantu. Maka dipersilahkan untuk menghubungi kontak email yang tercantum di dalam website Silemkerma. Anda juga bisa mengirimkan pertanyaan via email ini jika diluar konteks yang dicantumkan di dalam FAQ. 

Tips Memanfaatkan Layanan Silemkerma 

Silemkerma bisa dikatakan sebagai media untuk mengurus berbagai keperluan di kampus secara online. Aksesnya sendiri dipastikan untuk memberi kemudahan lebih bagi para admin PTN (Perguruan Tinggi Negeri) maupun PTS (Perguruan Tinggi Swasta). 

Meskipun ada aturan baru dalam proses pengajuan program studi, dan tidak tertutup kemungkinan perubahan juga terjadi pada proses pengajuan pendirian kampus baru. Namun layanan dari Silemkerma ini tetap tepat untuk digunakan. 

Supaya hasilnya maksimal, dan mendapatkan progres yang terus bergerak maju. Silahkan memakai layanan Silemkerma ini dengan beberapa tips berikut: 

1. Mencari Informasi Tata Cara dan Persyaratan 

Tips pertama untuk memaksimalkan layanan online di dalam website Silemkerma ini sendiri adalah mencari informasinya terlebih dahulu. Sesuaikan dengan tujuan atau kepentingan yang dimiliki. 

Jika memang berencana mengajukan program studi baru, maka cari tahu dulu tata cara dan persyaratan pengajuan online apa saja. Sehingga bisa meminimalkan kesalahan, seperti kurangnya dokumen persyaratan dan sebagainya. 

Secara umum, sebelum bisa mengakses layanan di dalam Silemkerma perlu membuat akun terlebih dahulu. Jadi, pastikan sudah membuat akun dengan baik sesuai prosedur yang berlaku. Baru kemudian memanfaatkan layanan yang dibutuhkan. 

Jadi, jangan asal berkunjung ke website milik Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi tanpa tahu cara mengakses layanannya. Manfaatkan internet, dan juga bisa menghubungi langsung kontak dari penyedia layanan Silemkerma tersebut. 

2. Menyiapkan Dokumen Persyaratan Sesuai Ketentuan 

Tips kedua untuk kelancaran dan juga kecepatan progres layanan, adalah untuk menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Selain harus lengkap pastikan pula untuk disesuaikan dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. 

Baik itu dalam bentuk format maupun dalam bentuk isi dokumen, apakah bisa dipisah atau disatukan. Jadi, pastikan membaca detail keterangan dari setiap kolom pengajuan dokumen online. 

Sehingga bisa meminimalkan kesalahan administrasi, yang tentunya memperlambat progres pengajuan. Inilah manfaat tambahan kenapa perlu mencari tahu persyaratan dan tata caranya bagaimana, supaya sudah paham langkah-langkahnya apa saja. 

3. Pastikan Dokumen Terunggah dengan Baik 

Tips berikutnya adalah memastikan bahwa semua dokumen yang dilampirkan sebagai persyaratan pengajuan layanan sudah terunggah dengan baik. Maksudnya adalah dicek dulu sebelum menekan tombol kirim maupun submit

Hal ini penting untuk dilakukan karena ada kemungkinan saat proses mengunggah terjadi masalah pada jaringan internet. Sehingga status dokumen seolah sudah terunggah sempurna namun tidak bisa tampil sepenuhnya, atau terpotong. 

Jadi, manfaatkan fitur untuk mengecek hasil dokumen yang sudah diunggah terlebih dahulu. Berhubung akan ada banyak dokumen yang dilampirkan dan perlu dicek satu per satu. 

Maka meskipun dilakukan secara online, usahakan menyediakan waktu khusus yang lumayan. Supaya fokus dan bisa mengecek secara mendetail tanpa ada yang terlewat dan terganggu aktivitas lain. 

4. Manfaatkan dengan Jaringan Internet yang Bagus 

Membantu meminimalkan kesalahan saat proses penggunaan layanan online dari Silemkerma ini, penting sekali untuk memastikan jaringan internet dalam kondisi prima. Tidak ada salahnya menggunakan layanan provider dengan kekuatan jaringan paling baik.  

Sehingga bisa memastikan proses loading sampai upload atau mengunggah dokumen persyaratan pengajuan bisa lancar jaya. Hal ini akan membantu menghemat waktu dan tenaga, sebab tidak perlu berhadapan dengan kondisi dimana dokumen gagal diunggah. 

Kunci dari akses layanan online di website Silemkerma adalah punya persiapan yang matang. Khususnya persyaratan yang harus dilengkapi, dan bisa mencari informasi dari berbagai sumber. 

Jika dirasa persiapannya sudah cukup dan sesuai, barulah mengakses kembali website Silemkerma tersebut. Sehingga bisa langsung melakukan proses pengajuan tanpa khawatir ada yang kurang maupun ada yang salah.

Editor : duniadosen.com/Wahyudha Wibisono

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja